Download Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen

Bagikan Lowongan :

Download Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen

Download Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen – Apa sih pengertian Taspen ? Iya, Taspen atau Tabungan dan Asuransi Pensiun Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil.

Apa itu Taspen?

Jadi, Taspen adalah singkatan dari Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri. Program Taspen sendiri memiliki beberapa manfaat lhoo yaitu pesiun adalah penghasilan yang diterima oleh penerima pensiun setiap bulan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tabungan adalah suatu program asuransi, yang terdiri dari asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan usia pensiun ditambah dengan asuransi kematian.

Nah dalam hal ini tidak jarang dari mereka para pensiunan sudah menyiapkan surat-surat mengenai ahli waris untuk penerusnya tujuannya agar segala sesuatu yang diterima nantinya dapat dipercayai dan berguna bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa itu Ahli Waris?

Ahli waris merupakan orang yang berhak menerima warisan dari orang yang sudah meninggal dunia entah adanya hubungan keluarga sedarah ataupun karema pernikahan yang pembuktiannya melalui surat keterangan ahli waris.

Sesudah pewaris meninggal dunia, harta dari peninggalan seperti rumah dan tanah akan beralih kepada ahli waris yang terdiri lebih dari satu orang. Jika diingat kembali pengertian dari kuasa menunjuk pada wewenang, jadi pemberian kuasa memiliki arti melimpahkan wewenang dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa untuk mewakili kepentingannya sehingga surat ini akan lebih mempermudah jika nantinya akan ada penjualan rumah atau tanah yang nanti hasilnya akan dibagi kepada seluruh ahli waris sesuai dengan ketentuan baik secara hukum adat, perdata atau agama.

Selanjutnya pasti akan bertanya-tanya mengenai bagaimana isi atau penulisan surat kuasa ahli waris yang digunakan seandainya akan menjual rumah atau tanah. Surat kuasa ahli waris merupakan pelimpahan hak, tanggung jawab dan tugas kepada pihak lain untuk mengurus warisan dari ahli waris dilakukan dengan pembuatan surat kuasa ahli waris.

Surat kuasa tersebut memberikan hak kepada penerima kuasa untuk melakukan sesuatu terhadap warisan berdasarkan apa yang tertulis dalam surat kuasa tersebut. Surat kuasa yang dipergunakan ialah surat yang berjenis umum, bukan surat yang istimewa.

Tata Cara Penulisan Surat Kuasa

Dalam surat kuasa ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan harus tercantum didalam surat yaitu :

  1. Nama serta identitas yang lengkap dari para ahli waris yang memberikan kuasa mereka,

  2. Nama serta identitas lengkap dari orang yang diberi kuasa,

  3. Deskripsi apa saja jenis kuasa yang diberikan serta ditulis dengan tegas dan jelas seperti penjualan rumah atau tanah dan yang lainnya,

  4. Deskripsi mengenai jenis harta kekayaan yang nantinya akan dikuasakan oleh pengurusnya, hal ini harus ditulis dengan tegas dan jelas (contohnya seperti luas tanah),

  5. Tanggal serta tempat dimana menandatangi surat,

  6. jangan lupa yang paling penting adalah tanda tangan si pemberi kuasa.

Berikut contoh surat kuasa ahli waris taspen :

Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen
Contoh Surat Kuasa Ahli Waris Taspen | Src : Google Image

Contoh diatas merupakan contoh surat yang digunakan di Taspen Banjarmasin. Pengurusan Surat ini harus menggunakan surat resmi yang bisa diperoleh di kantor kantor taspen seluruh Indonesia.