Contoh Surat Pengunduran Diri dari Tempat Kerja

Bagikan Lowongan :

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Tempat Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Tempat Kerja – Terkadang ada banyak hal disaat kita bekerja di sebuah perusahaan atau instansi yang membuat kita merasa tidak nyaman bekerja lagi. Hal pertama adalah membuat surat pengunduran diri karena sesuatu hal. Mungkin bisa dikarenakan sakit, seseorang memiliki keterbatasan dalam bekerja sehingga harus memutuskan untuk resign.

Yang kedua adalah stress, hal ini sering banyak dipicu berbagai konflik yang ada, baik anda ataupun lingkungan kerja anda. Disaat anda ingin memutuskan untuk berhenti dari perusahaan anda, pastikan proses resign dari pekerjaan sesuai dengan prosedur pengunduran diri karyawan yang berlaku di perusahaan anda. Surat pengunduran diri merupakan surat yang sangat banyak dibutuhkan, baik di instansi sekolah, universitas, perusahaan, swasta maupun negeri.

Surat pengunduran atau Surat Resign ini biasanya dibuat disaat seseorang sudah tidak nyaman lagi bekerja di tempatnya saat ini. Ada beberapa komponen utama yang perlu dicantumkan dalam surat pengunduran diri. Komponen-komponen tersebut antara lain, tujuan surat, nama pengirim (beserta data singkat, misalnya usia, lama kerja dan jabatan) dan alasan mengenai pengunduran diri. Selain komponen utama yang wajib dituliskan, terdapat sturan-aturan lain dalam membuat surat pengunduran diri, yakni :

  • Sebut nama atasan yang dituju dengan awalan “Kepada Yth. (yang terhormat)” atau “Yth”. Saja tidak masalah.
  • Sebutkan nama lengkap, identitas singkat, serta jabatan dan lama bekerja. Bila perlu sebutkan pula tanggal terakhir bekerja.
  • Gunakan bahasa formal.
  • Jelaskan alasan pengunduran diri dengan sopan, jelas dan singkat. Misalnya karena sakit, atau pindah rumah dan lain sebagainya. Jika alasan tersebut menyangkut orang lain dalam perusahaan, sebaiknya tidak disebutkan.
  • Sampaikan terimakasih kepada atasan dan seluruh bagian perusahaan, ditambahkan doa maka akan lebih baik lagi.
  • Surat pengunudran ini boleh diketik, tapi lebih sopan apabila di tulis tangan.

Jika anda ingin meninggalkan pekerjaan anda sebaiknya terlebih dahulu anda memberikan pemberitahuan kepada bos di perusahaan tempat anda bekerja, supaya perusahaan tempat anda bekerja bisa mencarikan orang yang bisa menggantikan posisi anda terlebih dahulu. Sebelum anda resign kerja.

Nah, anda bisa mengunakan surat pengunduran diri untuk pemberitahuannya, serta dalam pembuatan surat pengunduran kerja, anda bisa menggunakan contoh surat pengunduran diri sebagai pemberitahuan resmi anda bahwa anda hendak keluar dari perusahaan sebagai berikut :

Contoh Surat Resign

Surabaya, ……….20

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. …………
di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  • Nama : …………….
  • Tempat, Tanggal Lahir : …………….
  • No Pegawai : …………….
  • Jabatan : …………….
  • Departemen : …………….
  • Bekerja : …………….

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. ……………. . Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin ……………. . Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu, serta segenap direksi dan karyawan PT. ……………. .
Sekian surat pengunduran diri saya. Atas segala kekurangan, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Hormat saya,

(…………….)